[Review] Love Yourself: Her by BTS

Tracklist:

01. Intro: Serendipity // 02. DNA // 03. Best of Me // 04. 보조개 (Dimple) // 05. Pied Piper // 06. Skit: Billboard Music Award Speech // 07. MIC Drop // 08. 고민보다 (Go Go) // 09. Outro: Her

Sejak 10 Agustus 2017 silam, di Official Instagram BTS, poster promosi Love Yourself sudah terpampang. Poster pertama sekaligus yang paling menarik perhatian saya adalah poster milik Jungkook di atas kursi roda. Lho, ini apa nih? Kok posternya semacam ini, pikir saya. Poster-poster tersebut juga berkaitan dengan film pendek dengan cerita dramatis atau yang disebut dengan ‘highlight reel’. Dari sana saja, BTS sudah mampu menarik para ARMY (sebutan untuk penggemar BTS) untuk penasaran dan menanti-nanti apa yang akan dikeluarkan oleh Big Hit. Setelah poster individu, hadir juga poster dengan kombinasi dua orang, Jungkook-Suga, Jimin-J-Hope, RM-Taehyung, dan Jin sendiri. Dari semua poster kombinasi tersebut, yang menarik perhatian saya adalah poster RM-Namjoon dengan ambigramnya. Saya nggak akan bicara banyak soal makna highlight reel dan poster-poster. Kalau kamu mau tahu ulasan lebihnya, bisa baca di sini.

View this post on Instagram

#BTS #방탄소년단 #LOVE_YOURSELF Poster #RAPMONSTER #V

A post shared by BTS official (@bts.bighitofficial) on

Pembukaan pre-order album ini diadakan tanggal 23 Agustus. Album yang berjudul “Love Yourself: Her” ini dirilis dengan empat versi, L, O, V, dan E. Sewaktu pre-order diumumkan, tidak ada track list dan sampul album. Jadi harus beli apa nggak? Jika kamu mengikuti perkembangan BTS dari album pertama, hingga terakhir, kamu mungkin nggak akan ragu lagi. Karena apalah artinya track list dan sampul album jika kalian percaya mereka dapat memberikan musik yang memang qualified enough untuk dinikmati.

Ini adalah kali pertama saya membeli album fisik milik BTS dan saya sama sekali tidak merasa kecewa. Intro yang diunggah di Youtube Big Hit membuat saya tersenyum puas. Vokal Jimin di Intro: Serendipity ini benar-benar menenangkan. Dengan lirik dan konsep video yang membawa beberapa hal tentang astronomi yang membuat saya terkagum-kagum. Killing part di lagu ini di mana sih? Kalau bagi saya, bagian lirik “…naui cheonsa. naui sesang.” Terus satu lagi waktu lirik ‘just let me love you’. Rasanya melting gitu, serasa Jimin lagi bilang let me love you ke kamu, nggak sih?

Title song album ini adalah DNA, di album lagunya ada di track kedua. Dan saya nggak bisa menahan kegembiraan waktu lihat teaser video musiknya. Diawali dengan siulan Jungkook. Siulannya saja sudah cukup bikin klepek-klepek, guys. Terbayang bagaimana lagu dan keseluruhan video musiknya? DNA punya feel EDM yang cukup kuat dan membuat dia terdengar ear-catchy. Musik videonya juga colorful dan unik. Taehyung punya part yang benar-benar eye and ear-catchy di sini. Dari koreografinya, sampai killing part “dorabojima” menjelang akhir lagu. Aku nggak kuat. Serius.

Ada total 9 track dengan 2 hidden track yang hanya ada di album fisik dan tidak diunggah di Spotify. Lagu lainnya adalah Best of Me yang diproduksi bersama dengan The Chainsmokers. I literally screamed when I heard The Chainsmokers were taken part in BTS new album. Karena saya suka The Chainsmokers dan berarti dua idola saya bekerja sama. Wah!

Kalau sampai track lima kamu masih merasa seperti anak muda yang sedang jatuh cinta, wajar. Memang begitu feel yang sepertinya ingin ditonjolkan di album ini. Di track enam kamu akan bertemu dengan Skit yang diambil dari speech RM di Billboard Speech Award yang sebenarnya ternyata sudah menyinggung mengenai ‘Love Yourself’. Saya terharu mendengar speech Namjoon. Setelahnya, siap-siap dengar lagu MIC Drop yang menyinggung tentang kritik dan pembicaraan mengenai BTS di media. Lagu ini juga sudah di-remix oleh Steve Aoki (ft. Desiigner) yang bisa kamu streaming di Spotify dan lihat juga video musiknya di Youtube.

Jika disuruh memilih lagu yang saya suka, saya akan pilih Go Go. Mengapa? Mungkin karena lagunya jenaka. Part koreografi backpack boys membuat saya addicted nonton live version-nya. Lagunya juga pas buat cardio dance atau sekadar workout. Liriknya yang saya suka “…we’re too young to just worry. For today, just go instead of worrying. If you get scared and say you’re saving, it becomes poop.”

Album ini saya beli di online shop PurpleLand lewat jalur PO masternim. Berbeda dengan PO1, PO yang saya ikuti mendapat tambahan bonus photocard dari masternim tetapi tanpa poster. Sedih sih nggak ada poster, tapi saya dapat banyak photocard. Oke juga, kok. Saya pesan yang V version dan dapat photocard KTP-nya Jimin. Bercanda. Bukan KTP Jimin, cuma fotonya kayak foto KTP.

Ini dia penampakan album Love Yourself: Her versi V yang saya dapat.

Dan comeback kali ini juga membawa BTS masuk ke US Billboard Hot 100 dengan single DNA, tampil di American Music Awards, hadir di Jimmy Kimmel Live, Ellen DeGeneres Show, dsb. Kalian yang penasaran sama album ini, silakan streaming lagunya di Spotify ya. Semoga BTS selalu bersinar!

Cheers!

maybe you'll like this too

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.