[Review] I’m Not A Robot; Pilih Mana, Manusia atau Robot?

source: asianwiki

 

Sebagai penggemar drama Korea bertema ringan, di awal tahun ini pilihan saya jatuh pada drama I’m Not A Robot yang diperankan oleh Yoo Seung Ho dan Chae Soo Bin. Setelah selesai menjalankan wajib militernya 2017 lalu, Yoo Seung Ho bermain dalam drama Ruler: Master of Mask. Kalau di Ruler: Master of Mask Seungho berperan sebagai putra mahkota dan jalan hidup yang luar biasa complicated, di sini dia jadi direktur sebuah perusahaan finansial. 

I’m Not A Robot punya format seperti drama Korea pada umumnya. Cowok kaya, superior, yang too-good-to-be-true terus bertemu dengan cewek yang biasa aja, banyak kekurangan, tapi punya sesuatu yang precious dan akhirnya boom! Jadilah mereka sepasang kekasih. Gladly, kali ini pertemuan mereka nggak se-mainstream kisah pangeran dan upik abu. Dan melihat mereka berdua tuh unyu banget. Kyaaa~ Gak berhenti deh senyam-senyum lihat mereka berdua.

Ji A & Min Kyu (source: bestofkdrama@twitter)

Menonton drama ini pertamanya saya nggak begitu yakin karena ceritanya ya biasa saja. Tapi kok lama-lama lucu, akting Chae Soo Bin di sini lucu, dan tentunya nggak menyebalkan seperti waktu terakhir kali dia berperan sebagai antagonis di drama Sassy Go Go. Jo Ji A—diperankan oleh Chae Soo Bin—suka menciptakan benda-benda unik yang tujuannya adalah mempermudah sesuatu. Dia ilmuwan? Bukan! Bermodalkan empati dan hatinya, Ji A merancang benda-benda yang bertujuan untuk memudahkan orang-orang. Sayangnya, temuan-temuan Ji A belum bisa menggaet hati banyak orang.

Pertemuan pertamanya dengan Kim Min Kyu—diperankan oleh Yoo Seung Ho—berawal dari Ji A alias Jo Sajang membelikan limited edition action figure yang diminta Min Kyu. Kesan pertama mereka berdua itu buruk banget karena transaksi ini.

Sementara itu, Kim Min Kyu tinggal seorang diri, hanya ada satu orang pelayan di dalam rumahnya yang besar banget. Min Kyu menderita alergi pada sentuhan manusia. Alergi itu didapatnya lima belas tahun lalu ketika orangtuanya meninggal. Ketika terkena sentuhan manusia, Min Kyu akan mengalami ruam-ruam di sekujur tubuhnya. Oleh karena itu, Min Kyu tidak berteman dengan siapa pun. He has trust issues. Dan ketika Santa Maria Team mengatakan bahwa mereka mempunyai AI—Artificial Intelligence—robot, Min Kyu cukup tertarik.

Siapa Santa Maria Team? Mereka adalah sekelompok ilmuwan yang terdiri dari 4 orang, dikepalai oleh Dr. Hong Baek Gyoon. Mereka membuat robot android dengan kemampuan menyerupai manusia. Bahkan lebih hebat! Kebayang nggak sih kalau robot seperti itu mulai ada di mana-mana dan pekerjaan kamu bisa terbantu banget. Dia bahkan bisa bicara banyak bahasa dan mampu mendeteksi emosi manusia. Kasus terburuknya, mungkin mereka malah bisa menghancurkan dunia. Oke, balik lagi ke robot AI punya Santa Maria Team. Nama robot itu adalah Aji 3.

Santa Maria Team (source: bestofkdrama@twitter)

Sayangnya, ketika Aji 3 akan test run di depan Min Kyu, mengalami korsleting. Dan…karena wajah Aji 3 mirip dengan Jo Ji A, Hong Baek Gyoon—yang tak lain tak bukan adalah mantan pacar Ji A—meminta Ji A menggantikan peran Aji 3. That’s how it started. Coincidence? No.

Sebenarnya, sisi kerobotan Aji 3 harusnya mulai bisa dipertanyakan di sepanjang waktu ketika Min Kyu melakukan test run selama beberapa waktu. Banyak kejadian yang sangat mustahil dilakukan oleh robot android seperti Aji 3. Akan tetapi, entah karena hal apa, Min Kyu sama sekali nggak pernah sadar dong. Dia malah mengira dirinya jatuh cinta sama robot dan berharap Aji 3 berubah jadi manusia. Karena Aji 3, alergi Min Kyu nggak pernah lagi kambuh. Min Kyu selalu berpikir bahwa itu karena dia robot. Padahal kan itu Ji A, lalu kenapa dia nggak kambuh waktu disentuh dan lain-lain? It’s probably because of the emotion they built.

Karena trust issues yang dimiliki Min Kyu tadi, ketika dia tahu bahwa semua orang berbohong tentang Aji 3, bisa bayangkan apa yang Min Kyu lakukan? Marah besar. Padahal dia sebelumnya berharap Aji 3 jadi manusia, tapi pas ternyata dia manusia, Min Kyu malah kesal. Dan tentu saja, hal ini membuat alerginya kambuh. Dia merasa dikhianati, dibohongi oleh semua orang.

Sisi serius-serius di drama ini bisa kita tonton lewat perebutan kekuasaan KM Financial. Min Kyu punya sahabat semasa kecil, Yoo Cheol dan Yi El. Ayah-ayah mereka sangat ambisius mengambil alih KM Financial dan melakukan segala cara untuk menjatuhkan Min Kyu. Yoo Cheol, sahabat yang tak dianggap lagi itu semacam mau merebut kekuasaan Min Kyu. Tetapi, drama ini mengajarkan persahabatan itu bisa mengalahkan dendam dan itu adalah yang terbaik.

Dari awal sebenarnya ada benang merah antara Ji A dan Min Kyu. Barang-barang unik buatan Ji A ternyata tidak pernah sia-sia. Payung transparan yang bisa jadi nggak transparan ketika dipencet tombolnya, heart ball, dan lain-lain. Can you guess who’s Ji A’s loyal customer?

Semua benci, dendam, rasa dikhianati, akhirnya luruh satu per satu karena cinta, rasa kekeluargaan, rasa saling memiliki, dan persahabatan. Beberapa yang bisa diambil dari drama ini adalah bahwa bagaimana pun seseorang yang kita sayangi berubah, kita harus menerima mereka apa adanya. Selain itu, Ji A mengingatkan kita untuk jangan menyerah pada mimpi kita dan Min Kyu mengajarkan kita untuk memaafkan orang lain dan tidak ada yang salah untuk mempercayai seseorang.

Untuk kamu yang mencari drama-drama ringan yang manis-manis, kamu bisa coba nonton I’m Not A Robot ini. Drama ini punya 32 episode dengan masing-masing episode berdurasi kurang lebih 30 menit. Soundtrack drama ini juga enak. Kesukaan saya yang judulnya With All Your Heart sama I’m Standing Here.

Siapa tahu cocok untuk menemani akhir pekanmu.

 

Cheers!

Dhamala Shobita

maybe you'll like this too

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.