[Review] Caramellove Recipe; Kisah Anak Remaja Semanis Macaron

“Kalau lo ingin tim kita berhasil, berhenti nganggep partner lo masih Satria. Partner lo sekarang gue. Dan cara gue beda sama sahabat lo itu! sebaiknya lo mulai adaptasi, Mel. Atau kita nggak akan berhasil.” – hlm. 122

*

Judul : Caramellove Recipe

Penulis : Lia Nurida

Penyelaras Aksara : Aningtias Jamika

Desainer Sampul : @sukutangan

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : Pertama

Jumlah Halaman : 240 halaman

ISBN : 978-602-03-7945-6

*

Gawat!

Satria kena tifus. Cowok itu mimisan tepat di ujung babak penyisihan awal Teen Cooking Competition. Padahal, tiga hari lagi Karmel dan Satria harus mengikuti babak dua puluh besar. Mau tidak mau, seseorang harus menggantikan posisi Satria. Miss Anne pun mengusulkan satu nama.

Sadam. Cowok tajir belagu anak pemilik restoran Luigi’s itu yang dipilih Miss Anne. Cowok yang mati-matian Karmel hindari sejak tragedi daun bawang pada awal masuk SMA Putra Bangsa. Cowok menyebalkan yang sialnya adalah seseorang yang Karmel taksir sejak SMP!

Meski berat, Karmel tak punya pilihan lain. Ia harus tetap berjuang di Teen Cooking Competition bersama Sadam yang arogan. Di sisi lain, Karmel juga harus memikirkan persahabatannya dengan Satria yang merenggang. Nggak mungkin kan Satria cemburu karena Karmel dan Sadam yang mulai dekat?

*

Novel Teenlit selalu menjadi teman saya sejak masa remaja. Saya tumbuh bersama tulisan-tulisan manis milik Luna Torashyngu, Esti Kinasih, dan penulis-penulis Teenlit lainnya. Setelah sekian lama, akhirnya saya kembali lagi membaca karya-karya Teenlit dari para pemenang GWP #3.

 

Tema yang Fresh

Untuk ukuran novel Teenlit, Caramellove Recipe punya tema yang menarik. Menggabungkan kehidupan remaja dengan masak-memasak membuat novel ini bukan hanya punya manisnya cinta dan persahabatan masa SMA tapi juga menunjukkan kehidupan remaja yang tidak biasa. Jelas, karakter-karakternya—Satria, Karmel, dan Sadam—adalah remaja-remaja luar biasa. Kesukaan mereka pada dunia masak-memasak benar-benar kuat hingga membaca novel ini seperti menyaksikan Master Chef Junior yang berisi anak-anak yang membuat kita berdecak kagum. Ya, gimana? Bayangkan, anak SMA bikin samgyetang di percobaan pertama.

 

Persahabatan dan Cinta

Novel ini tidak lepas dari yang namanya persahabatan dan cinta. Persahabatan Satria dan Karmel benar-benar membuat iri. Satria dan Karmel adalah kombinasi persahabatan yang keren banget. Dua-duanya suka masak dan dua-duanya punya kemampuan yang hebat. Sayangnya, kompetisi Teen Cooking Competition tidak berjalan sesuai rencana Satria karena dia harus istirahat karena tifus. Di awal cerita, saya sempat menjadi #TimSatria karena menurut saya chemistry Satria dan Karmel benar-benar tergambar sangat baik.

Miss Anne—guru pembimbing SMA Putra Bangsa pada TCC—memilih Sadam sebagai pengganti Satria. Bagaimana perasaan Karmel? Sadam adalah orang yang dikagumi Karmel sekaligus paling dihindarinya. Tragedi seledri yang membuat Karmel menghindari Sadam benar-benar bikin senyum-senyum sendiri.

Novel ini punya kisah cinta segi empat dan love hate relationship yang khas seperti anak-anak remaja. Fresh dan menyenangkan untuk diikuti. Naik turunnya benar-benar enak untuk dinikmati. Bagian peralihan antar bab-nya membuat saya mau membalik bab berikutnya. Mbak Lia benar-benar lihai dalam menuliskan peralihan bab-nya. Bikin senyum-senyum dan gereget sendiri.

Cerita Sadam dan ketertarikannya pada Karmel membuat saya menjadi #TimSadam dalam sekejap. Sadam yang keras ternyata punya latar belakang yang membuat saya bersimpati padanya. Juga keahlian dan passion-nya dalam memasak membuat saya bergabung jadi tim Sadam. Kalau kamu sudah baca ini, kasih tahu saya ya, kamu #TimSadam atau #TimSatria.

Konflik yang ada di novel Caramellove Recipe ringan dan cocok untuk dibaca anak remaja. Novel ini menceritakan bagaimana perlunya menyesuaikan diri, bekerja sama, dan menggapai satu prestasi.

Beberapa bagian yang menjadi favorit saya adalah setiap kali Karmel merasa pertahanannya runtuh ketika melihat Sadam. Satu lagi waktu Karmel di-follow balik Sadam di Instagram. Kalau kamu perlu mengenang bagaimana rasanya di-follow gebetan di media sosial, bagian itu bakal bikin kamu senyum-senyum parah. Terus, saya juga suka bagian cemburu-cemburunya Satria yang manis dan bikin geregetan banget.

Novel ini sangat cocok dibaca oleh kamu yang menikmati kisah-kisah manis. Juga buat para remaja yang sedang ada di masa-masa manis menyenangkan sejenis masa-masa Caramellove Recipe ini.

 

est. 1993. author. stationary addict. wanderer. half unicorn, half hooman.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.