[Review] AXIS-Y Daily Purifying Treatment Toner & Artichoke Intensive Skin Barrier Ampoule Review

Semenjak maraknya 10 steps Korean skincare, nyaris semua orang mencoba mencocokkan produk-produk skincare-nya untuk memenuhi sepuluh langkah tersebut. Orang-orang Indonesia nggak jadi pengecualian. Terbukti dari banyaknya skincare brand yang sekarang sudah banyak masuk di Indonesia. Tapi, di luar kebiasaan tersebut, hal tersebut bisa menjadi sedikit tricky. Bagi orang Indonesia yang tinggal di negara yang humid, panas, dan terlalu banyak polusi ini, mencari skincare yang tepat tentunya merupakan tantangan tersendiri.

Sebagai pemilik kulit yang cenderung oily dengan acne prone, aku sudah beberapa kali coba macam-macam skincare dan sayangnya belum menemukan produk yang benar-benar cocok di kulitku. Ada yang pernah bilang kalau skincare itu sebaiknya digunakan sambil dicocokkan dengan kondisi dan masalah yang kulitmu alami. Betul juga sebenarnya, sesuaikan dengan kebutuhan sebelum mencari skincare yang tepat untuk kulitmu.
Nah, beberapa bulan lalu, aku diperkenalkan pada salah satu brand skincare Korea yang sedang jadi perbincangan hangat di media sosial, namanya AXIS-Y. Menurut apa yang kubaca di situsnya, AXIS-Y adalah produk skincare berbasis iklim dengan sasaran utama adalah orang-orang yang tinggal di daerah beriklim humid, yang cenderung punya masalah acne-prone dan  kulit berminyak. Waktu dengar klaimnya itu, aku berpikir kalau AXIS-Y mungkin memang cocok untuk orang Asia—termasuk Indonesia.
Warna turquoise yang mereka ambil sebagai warna dasar dari rangkaian skincare mereka membuatku cukup tertarik. Apalagi, tampilan packaging dan labeling-nya yang cenderung memberikan kesan bersih. Dengan tagline “climate inspired skincare solutions” sepertinya AXIS-Y cukup menarik perhatian para skincare enthusiasts di Asia.

 

Tentang AXIS-Y

Di samping klaim fomulasi yang berbasis iklim, AXIS-Y yang baru saja melakukan launching di 2018 juga mengklaim bahwa produknya dikurasi dari ekstrak alamiah, tidak mengandung bahan kimia beracun, dan memiliki standar produksi yang ketat. AXIS-Y memperhatikan aspek-aspek yang akan berpengaruh pada lingkungan dan kulit penggunanya sendiri.
Saat ini, mereka memiliki satu line yang disebut 6+1+1 Advanced Formula™ line. Sejak pertama kepo soal 6+1+1 Advance Formula™ ini, aku bingung juga. Apa sih maksud angka-angka itu? Ternyata, 6+1+1 ini berhubungan dengan slogan AXIS-Y, yaitu Natural, Minimal, dan Science yang berarti,
  • 6 finely selected natural plant extracts (Natural)
AXIS-Y memilih bahan-bahan alami yang aman dan bermanfaat bagi kulit dengan hati-hati
  • 1 core ingredients (Minimal)
Di setiap produknya, AXIS-Y menggunakan satu bahan utama untuk menyelesaikan masalah kulit secara efektif tanpa memberikan beban berlebihan untuk kulit
  • 1 spealized skincare technology (Science)
AXIS-Y bekerja sama dengan tenaga ahli di bidang perawatan kulit untuk memaksimalkan efek dari perbaikan kulit
Sampai sekarang, AXIS-Y sudah mengeluarkan lima produk yaitu Quinoa One Step Balance Gel Cleanser, Daily Purifying Treatment Toner, Artichoke Intensive Skin Barrier Ampoule, Dark Spot Correcting Glow Serum, dan Cera-Heart My Type Duo Cream. Aku beruntung banget bisa mencoba rangkaian produk dari AXIS-Y ini.
Kali ini, aku akan bahas dua dari lima produk mereka, yaitu Daily Purifying Treatment Toner dan Artichoke Intensive Skin Barrier Ampoule.
AXIS-Y Toner & Ampoule

 

Daily Purifying Treatment Toner

AXIS-Y Daily Purifying Treatment Toner adalah toner dengan kandungan BHA dan ekstrak tea tree. Waktu menelusuri media sosial AXIS-Y dan menemukan bahwa sasaran utama produknya adalah kulit berminyak dan acne prone, aku jadi semakin tertarik untuk mencoba produknya. Kebetulan, BHA dan tea tree juga berada di produk yang kugunakan sebelumnya. Toner ini berfungsi untuk membersihkan dan menenangkan inflamasi pada kulit.
Toner milik AXIS-Y ini memiliki tujuan utama, pertama adalah menghilangkan bakteri dan debu-debu polusi yang terjebak di dalam pori-pori dan menimbulkan jerawat dan inflamasi. Yang selanjutnya adalah menutrisi kulit dengan bahan-bahan alami sehingga bisa menenangkan kulit dan mempercepat penyembuhan kulit.
AXIS-Y Daily Purifying Treatment Toner
Packaging
Aku jatuh cinta banget sama packaging dari produk-produk AXIS-Y. Kelihatan banget kalau mereka menaruh perhatian lebih di packaging mereka. Desain yang minimalis dan informasi yang diberikan dalam bahasa Inggris dan Korea membuat pengguna dari luar Korea bisa membaca informasi yang ada di dalam kotaknya. Produk AXIS-Y datang dengan kemasan kotak berwarna krem. I can’t say how much I love their minimalist packaging. Botol toner-nya berwarna turquoise yang kelihatan adem banget. Aku kasih ekstra jempol buat AXIS-Y yang memperhatikan bahan label yang mereka gunakan. Beberapa skincare mungkin punya label yang mudah hilang seiring waktu, atau tulisannya mudah rub off, tapi label AXIS-Y yang matte itu ternyata nggak. Benar-benar kuat, nggak mudah terkelupas, dan yang paling penting, waterproof!
Label depan toner
Nggak mudah memang untuk mengeluarkan toner dari botol, aku harus beberapa kali ketuk-ketuk dia supaya keluar ke kapas. Tetapi positifnya, berarti toner nggak akan mudah bocor kalau kamu bawa bepergian. Oh iya, bagian lubang untuk mengeluarkan toner diberi segel sebelum kita buka. Jadi jangan khawatir dia bakal tumpah saat pengiriman produk ke tempatmu.
Bagian atas toner
Ingredients
Seperti yang sudah kita bahas di atas berkali-kali, produk AXIS-Y—termasuk toner ini—tidak menggunakan bahan-bahan beracun dan berbahaya. Mereka hanya menggunakan bahan-bahan alami yang paraben-free, sulfate-free, silicone-free, dan EU allergen-free. Kandungan utama yang dijagokan pada toner ini adalah 0.5% BHA, dan 10.000 ppm ekstrak tea tree.
Bahan-bahan lengkap yang ada di dalam toner ini, antara lain:
Water, Centella Asiatica Extract, Aloe Barbadensis Leaf Water, Butylene Glycol, Alcohol, Sodium Hyaluronate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Extract, Sorbitan Sesquioleate, Vaccinium Myrtillus Fruit Extract, Saccharum Officinatum (Sugar Cane) Extract, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Extract, Citrus Medica Limonum (Lemon) Fruit Extract, Betaine, Salicylic Acid, Salvia Officinalis (Sage) Extract, Houttuynia Cordata Extract, Hieracium Pilosella Extract, Illicium Verum(Anise) Fruit Extract, Citrus Paradisi(Grapefruit) Fruit Extract, Nelumbium Speciosum Flower Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Chlorphenesin, Ethylhexylglycerin, Sodium Citrate, Gluconolactone, Arginine, Rheum Palmatum Root Extract, Artemisia Princeps Leaf Extract, Panax Ginseng Root Extract, Carbomer, Dimethyl Sulfone, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil.
Toner Ingredients
Dari sedemikian panjang list kandungan di toner tersebut, bisa kita lihat bahan utama yang membantu toner ini menyelesaikan masalah kulit sesuai klaim di situs adalah adanya bahan yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan kulit seperti ekstrak Centella asiatica, salicylic acid (BHA) untuk membersihkan pori dari sebum, ekstrak tea tree untuk meredakan iritasi sekaligus mengobati jerawat, ekstrak sugar cane berfungsi untuk mengobati jerawat, mengurangi blemish, dan menjaga kulit tetap hydrated, ekstrak sugar maple untuk mengurangi bakteri jahat, ekstrak sage untuk meredakan iritasi, dan manfaat lainnya dari kandungan tersebut.
Lebih lengkap mengenai kandungan toner tersebut bisa dicek di website Cosdna berikut.
Tekstur dan Aroma
Toner dari AXIS-Y punya tekstur watery seperti toner-toner pada umumnya. Aromanya juga nggak tersisa setelah kita apply ke wajah. Aku suka banget sama baunya yang fresh. Hal lain yang kusuka adalah setelah diaplikasikan, dia cepat meresap dan sama sekali nggak menimbulkan kesan sticky di kulit. Efeknya juga menenangkan dan mendinginkan di wajah.
Tekstur watery toner
How to Use?
Best practices yang ada di Instagram AXIS-Y dan yang ada di balik kemasan bilang sebaiknya setelah menggunakan cleanser, kita tuangkan ke kapas dan usapkan ke wajah yang berjerawat atau iritasi. Tapi ada beberapa yang juga langsung menaruh toner ke telapak tangan dan ditepuk-tepuk ke wajah. Aku lebih terbiasa dengan yang pertama karena kadang aku nggak apply toner ini ke keseluruhan wajah, jadi aku usap ke bagian yang berjerawat saja.
My Thought
Setelah memakai toner ini, aku ngerasa lebih segar dan nggak perlu ditanya, it soothes my skin. Aku juga nggak perlu taruh toner ini di kulkas tapi dia tetap bisa kasih sensasi segar dan dingin waktu aku apply. Aku yakin kalau diaplikasikan sebagai masker di tempat-tempat yang bermasalah, toner ini bakal enak banget dipakai.
Klaim membersihkan pori dan mengurangi sebum aku rasain banget setelah pakai toner ini. Selain ringan dan hydrating, toner ini juga untungnya nggak bikin aku iritasi, yang mana aku seneng banget. Toner ini sebenarnya punya kandungan alkohol, jadi buat kalian yang kulitnya sensitif sama kandungan alkohol di skincare, kusarankan untuk berpikir dulu sebelum mencoba toner-nya. Atau jika masih bisa ditolerir, jangan lupa memakai moisturizer juga setelah menggunakan toner ini.
Score 4/5

 

Artichoke Intensive Skin Barrier Ampoule

Produk kedua yang akan kubahas adalah Artichoke Intensive Skin Barrier Ampoule. Ampoule ini diklaim dapat meredakan iritasi dan kulit bermasalah, juga memberika hidrasi. Karena itu aku tertarik mencoba ampoule ini dibarengi dengan toner dari AXIS-Y.
Artichoke Intensive Skin Barrier Ampoule
Packaging
Masih sama seperti toner-nya, aku suka banget desain packaging yang minimalis dan label mereka yang menggunakan bahan matte. Label-nya benar-benar kuat, nggak mudah terkelupas, dan yang paling penting, waterproof jadi informasi di dalamnya nggak mudah hilang.
Ampoule-nya dilengkapi pipet kaca yang memberikan kesan bersih dan membuat kita bisa melihat isi ampoule yang bening.

 

Ingredients
Masih menggunakan bahan-bahan alami yang paraben-free, sulfate-free, silicone-free, dan EU allergen-free. Kandungan utama yang dijagokan di ampoule ini adalah 110.000 ppm  Centella asiatica dan 10.000 ppm ekstrak tea tree.
Bahan-bahan lengkap yang ada di dalam produk ampoule ini, antara lain:
Water, Aloe Barbadensis Leaf Water, Butylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Centella Asiatica Extract, Glycerin, Betaine, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Alcohol, Cynara Scolymus (Artichoke) Extract, Sorbitol, Sorbitan Sesquioleate, Hieracium Pilosella Extract, Rheum Palmatum Root Extract, Althaea Rosea Flower Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Dimethyl Sulfone, Chlorphenesin, Xanthan Gum, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Ethylhexylglycerin, Polyglutamic Acid, Beta-Glucan, Arginine, Linum Usitatissimum (Linseed) Seed Extract, Hibiscus Esculentus Fruit Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Arctium Lappa Root Extract, Hibiscus Mutabilis Flower Extract, Corchorus Olitorius Leaf Extract, Allantoin, Carbomer, Adenosine, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil.
Dari list di atas, bahan utama dari ampoule ini antara lain:
  • Tentu saja, Artichoke yang berfungsi memperkuat sel-sel dari dalam, mencegah keriput.
  • Centella asiatica untuk mempercepat penyembuhan kulit
  • Tea tree yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi
  • Aloe vera yang memberikan efek menenangkan pada kulit sekaligus anti iritasi
  • Efek brightening diberikan oleh ekstrak Licorice
  • Dan Okra untuk melembabkan kulit
Lebih lengkap mengenai kandungan ampoule tersebut bisa dicek di website Cosdna berikut.
Tekstur dan Aroma
Ampoule dari AXIS-Y punya tekstur seperti gel tetapi tetap sedikit runny. Tekstur tersebut membuat produk lebih mudah diaplikasikan dan diratakan. Aku suka produk ini juga karena dia menyerap dengan cepat dan nggak membuat kulit jadi sticky. Suka banget gimana kulitku jadi plump, kenyal-kenyal gitu setelah apply ampoule ini. Karena dia nggak lengket, aku nggak khawatir buat pakai produk ini di pagi dan malam hari.
Sementara untuk aromanya, nggak ada tercium aroma apa pun waktu aku pakai produk ini, which I love.

 

How to Use
Aku biasa langsung add beberapa tetes ke pipi, dahi, hidung, dan dagu, kemudian ditepuk-tepuk. Karena pipet AXIS-Y ini ada lengkungan di bawahnya, jadi produk nggak mudah tumpah, makanya aku berani apply langsung ke wajah. Di akun Instagram AXIS-Y, mereka menyarankan untuk nggak mengusapkan produk ke kulit tapi ditepuk-tepuk supaya penyerapannya maksimal dan nggak merusak kulit karena gesekan.
My Thought
Setelah pakai ampoule ini tiap pagi dan malam (meskipun aku beberapa kali skip karena terlambat di pagi hari ㅠㅠ)  selama dua minggu, aku merasa kulitku lebih hydrated. I’m so happy with that karena selama ini aku cukup kebingungan cari produk yang bisa menghidrasi kulit tanpa membuat breakout.
Score 4/5

 

Konklusi

Pemakaian berbarengan toner dan ampoule dari AXIS-Y benar-benar dahsyat menurutku. Memang, nggak instan sih untuk menyamarkan seluruh bekas jerawat yang ada. Well, I’m still struggling with that. Tapi dia bisa menguranginya dan bikin kulitku tetap terhidrasi.

Where to buy

Nah, karena sekarang AXIS-Y sudah masuk ke Indonesia, kamu bisa dapat informasi soal produk-produk mereka lebih mudah lewat media sosial mereka di AXIS-Y Official dan AXIS-Y Indonesia. Untuk pembelian produk original mereka, jangan takut, langsung ke distributor resmi AXIS-Y di Indonesia, Beautyglowing via Web atau Instagram.

.

Disclaimer:

Kulit tiap orang berbeda, jadi meskipun suatu produk cocok di kulitku, itu belum tentu sama untuk kulit kalian. Meskipun AXIS-Y mengirimkan produknya, review ini tetap ditulis 100% berdasarkan review jujur setelah pemakaian.

maybe you'll like this too

11 Comments

  1. Baca beberapa review, sepertinya si ampoule bekerja lebih baik ya. Is it that good, mala? Gak pakai drama tetiba nongol jerawat se RT kan? Hihi masih traumaa pakai skincare korea

  2. Brand AXISY ini sekarang jadi salah satu brand favoritku deh. Rangkaian skincare mereka bekerja pas dan sangat baik di kulitku! Dari ceritanya Mala, cocok juga dengan toner dan ampoule nya yah. Semoga makin rajin dan konsisten skincarenya, supaya kulit makin sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.