Cara Mudah Bikin Song Cover Ala Penyanyi Pro

Dari kecil, saya punya hobi menyanyi. Ya meskipun itu pada akhirnya cuma jadi hobi semata. Panggung saya paling-paling cuma kamar mandi, paling jauh, ya, panggung di sekolah atau isi acara di mal sebagai perwakilan sekolah. Jangan tanya, pernah nggak pengin ikut audisi Indonesian Idol atau Akademi Fantasi, jelas pernah soalnya. Hampir semua teman saya yang suka nyanyi juga kayaknya pernah deh kepengin ikut audisi. Tapi kalau sekarang, saya kepenginnya ikut audisi YG Ent atau Big Hit aja. Oke, ini mulai ngawur.

Sebagai penyanyi kamar mandi yang setia, kadang-kadang saya pengin dong bikin lagu ala-ala penyanyi pro atau penyanyi Youtube kayak Boyce Avenue, Megan Nicole, Sam Tsui, Madilyn Bailey, Kira Grannis, dan lain-lain. Tapi gimana ya, karena nyanyi cuma bagian dari hiburan dari kepenatan sehari-hari, saya juga nggak pernah mengeluarkan uang lebih untuk microphone, amplifier, sound-card, dan juga aplikasi-apliasi music editing lainnya. Saya cuma punya smartphone dan bermodal lagu-lagu instrumental gratisan di Youtube.

Nah, jadi gimana sih caranya bikin song cover mudah tapi dengan kualitas mendekati penyanyi pro?

1. Smartphone dan Aplikasi Perekam Suara

Kamu nggak punya microphone yang kualitasnya aduhai? Nggak masalah. Siapkan smartphone kamu dan pastikan di dalamnya ada apliasi perekam suara. Hmm, saya sendiri biasanya nggak memakai built-in recorder dari smartphone saya, tapi pakai aplikasi RecForge II. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play.

Tanpa bantuan microphone, RecForge bisa merekam suara kamu dengan jernih dan kualitasnya memuaskan. Rekaman RecForge pertama akan berformat wav dan kamu bisa langsung konversi rekamanmu ke mp3.

2. Hindari Suara-suara Lain

Hindari kebisingan. Ini akan berpengaruh banget sama kualitas rekamanmu. Mungkin kamu bisa tutup pintu kamar, matikan kipas angin, dan pastikan nggak ada yang menyela rekamanmu dengan mengajakmu ngobrol. Kalau ada suara-suara lain yang mengganggu dan terlanjut masuk ke rekamanmu, biarin aja. Itu bisa diakali lagi nanti.

3. Waktunya Rekaman

Ada dua cara merekam suaramu. Pertama, rekam langsung lagu dan suara kamu nyanyi, kemudian edit. Kedua, kamu bisa dengar instrumennya pakai headset dan rekam suaramu. Selanjutnya, kamu bisa menggabungkan rekaman suaramu dengan lagu instrumennya.

4. Aplikasi Pengolah Suara

Selanjutnya, setelah kamu selesai rekaman, waktunya mengedit hasil rekamanmu supaya terdengar lebih keren. Di sini, saya pakai aplikasi Audacity Portable. Ya, saya pecinta aplikasi portable karena nggak sulit untuk diinstal dan sama sekali nggak berat. Begini tampilan awal dari Audacity Portable.

Selanjutnya, kamu bisa drag saja hasil rekaman suaramu. Sekarang saya kasih tutorial untuk rekaman suara tanpa lagu instrumen, ya. Saya akan gabung instrumennya terpisah nanti.

Setelah itu, untuk mengurangi suara-suara yang mengganggu (noise), kamu bisa pilih EFFECT ➞ NOISE REMOVAL. Di pop-up box, pertama-tama kamu bisa pilih Get Noise Profile. Setelah itu, ulangi efek noise removal yang sama kemudian klik OK atau enter.

Yang kedua, kamu bisa pilih lagi EFFECT ➞ NORMALIZE dan biarkan default kemudian klik OK atau enter. Beda telinga, beda juga hasilnya. Untuk bagian ini, kamu bisa utak-atik sendiri dengan mengulanginya satu atau dua kali untuk hasil yang menurut kamu bagus.

Selanjutnya, kamu bisa juga mengatur bass dan treble di EFFECT ➞ BASS AND TREBLE. Di bagian ini juga nggak ada aturan baku. Kadang saya edit bass dan treble, kadang juga nggak.

Nah, yang terakhir saya biasanya pergi lagi ke EFFECT ➞ REVERB. Di sini, saya bisa buat suara saya seolah ada di ruangan gitu. Kalau di Smule, mungkin mirip efek suara Studio. Saya biasa mainkan di Room Size. Room size itu memberikan efek seperti bernyanyi di ruangan, jika 100% misalnya seperti kamu sedang bernyanyi di indoor hall, efeknya akan berbeda dengan nyanyi di kamar mandi yang berarti misalnya cukup pakai 10% room size.

Setelah selesai, saya biasanya akan drag lagi instrumen dari lagu yang saya cover. Kemudian pilih semua track atau dengan pencet CTRL+A, dan pilih TRACKS ➞ MIX AND RENDER. Voila! Suara rekamanmu dan musik instrumennya akan menyatu. Eh, tapi pastikan kamu sudah mencocokkan timing-nya dengan pas, ya. Jangan sampai suaramu lebih lambat dari lagu atau malah lebih dulu dari lagu.

Setelah selesai proses mix dan render, kamu bisa export file menjadi mp3 dari FILE ➞ EXPORT (CTRL+SHIFT+E)

Selesai, deh! Kamu bisa unggah song cover kamu di Soundcloud atau kamu bisa edit menjadi video buat diunggah di Youtube. Gimana? Mudah, kan?

Ini nih contoh song cover yang saya pernah buat dengan cara di atas. Song cover lainnya kadang saya pakai cara di atas, atau pakai cara hajar langsung rekam saja. Hehe.

Jadi, siap untuk mencoba? Jangan lupa share hasil cover kamu di kolom komentar ya.

maybe you'll like this too

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.